Budak melayu part 2

Assalamualaikum… jumpe lagi la dengan saye… saye sebetulnye sadar kalau blog saye ni pengikut nya sikit bahkan tak ade tapi saye saje je nak macam bnyk follower kan.. maybe bebeberapa tahun kedepan saye rindu dengan kegiatan saye pas tingkat akhir di IPB so saye bisa buka blog saye ni.. iye tak??

saje nak lanjutkan di bahagian “budak melayu” ni.. sebetulnya belum buat riset ni untuk yang saye janjikan tentang adat melayu, kesenian melayu, baju melayu de el el tapi hari ni nak share tentang saye je..

memang lah macam boleh dikatekan “narsis” lah saye ni tapi takpelah kan.. pengikut di blog pun sikit..:) Saye pas kecik ni suke lagu melayu,

saye kan memang obses sangat lah dengan melayu2 ni.. bukan nak sombong lah ye saye pas SD budak nye pemalu sikit la, nak tampil di depan org ramai ni lakan maluuuuu.. bisa sampai menangis.. tapi pas SD jugak kalo di rumah jadi anak yang bnyk perintah la, garang minta ampuun, tak suke dengan orang ramai, tak suke rumah besepah, suke cakap yang menyakitkan hati orang la…. and many more..again..and again..

tapi bemule kalau bab2 menyanyi di depan orang ni saye pas kelas 4 atau 5 ye mase tu.. tak sadar pun kalau ternyta suare saye ni bisa sikit la cengkok melayu (ni buka menyombong la hihi).. mase tu kawn SD saye die ni sorang pompuan la, pandai menyanyi dan bersyair (cool tak?).. die absen bbrp hari la krene die tanding syair mase tuw.. nah sye ni pulak.. mase kelas 4 SD saye tak ade di SD saye karena sye mesti sekolah unggulan di SD lain.. selame setahun lah tak tau perkembngn SD lame saye.. pas kelas 5 saye balek lagi.. dan ternyta di SD lame saye ni lagi semngt2 nye kesenian melayu..

off course lah mase tu saye bangge kan.. nah blek dengan kawan saye tuw lagi.. die ikut kejuaraan syair llah dan die menang.. saye ikut senang lah kan.. dan bermule dari tu saye jadi suke denge die bersyair dan menyanyi melayu.. saye pun jadi suke melayu lah..

pada mase SD tuw, akan di adekan PORSENI tau FLS2N lah.. (nth betul nth tidk ni, saye memng pelupe la org nye) nah mase tu kan kwan saye tuw ikut lah seleksi tiap sekolah sekecamatan siak untuk langgam melayu (called: solo vokal) di SD kampung rempak kalau tak salah, saye pulak ikut seleksi paduan suara. nah pas sore2 kami sekelompok belaja paduan suara, kate grur nye suare saye yang tak masuk dengan yang lain (dengan kata lain baling sendiri lah hehe), so saye di tes nyanyi sendri kate guru syae besok uyik (pnggilan dikampung saye) ikut seleksi kedua langgam melayu jelah. yang syae ni ikut2 jelah kate guru saye.. tapi memang betulah saye first time nyanyi sendri ni ditengok dan di nilai oleh para penyanyi meayu disiak yang best sangat.

mase tuw saye padahal tak ikut seleksi pertame kan, lgsg ikut yang seleksi kedue je,. saye di panggilkan kedepan di suruh nyanyi.. mase tuw saye “mambang linau”. mambang linau ni semacam “putri kayangan” gitu lah sejarah di siak juge lah (macam cerite putri yang suke mandi di sungai pastu selendang nye di ambil oleh seorang bujang so die tak dapt naik ke kayangan lah so die di tinggal same saudara2 nye) lupe lah ni macam cerite legenda indonesia tapi lupe judulnye. dah lah lajut cerite agi. kemane2 dah ni (dasar random memang si makcik siti ni 🙂

pas nyanyi tu saye macam biase je. kalau tak salah lirik nya macem ni

  • tersebut siak di sebut siak
  • siak bername si sungai jantan
  • semase itu dikuale gasib turunlah putri dari kayangan
  • mambang linau putri kayangan turun menjelma putri jelita 2x
  • and so on.. so on..lupe sebenar dah hampir 15 tahun yang lalu kot (pencipta: lupe 🙂 orangmelayu riau yang jelas)

and then… saye terpilih lah untuk menjadi peserta langgam melayu mewakili kecamatan siak (bangga nye minta ampun)..

pastu banyak sebtul lagi cerite  nye, saye jadi “agak” confident dikit la mase tuw nyanyi di depan orang dan.. dan dah azan zuhur saye kene sholat dulu… wasssalam

(nanti sambung lagi ceritenye, korag janagn penasran tau:)

06/01/2017

12.05

 

Iklan

“budak melayu” part 1

hari ini nak cube lah perkenalkan budaya yang satu ni.. yang saye suke sangat.. mesti semue bisa tebak kan?? iye “Budaya melayu”

saye ni (mesti cakap melayu lah ye):) lahir dan besar di sebuah daerah pesisir melayu yaitu di tepian sungai siak. siak merupakan kota kecil yang indah dan penuh sejarah. siak bernama lengkap Siak Sri Indrapura merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Riau.

Saye ni, heran lah, semenjak saye kuliah di IPB, ramai orang kate saye ni macam kak ros nya upin ipin. pas petame kali masuk ke kelas pas kat kolej saye di ganti name lah dari Siti Maryati jadilah “makcik” sampaiiii lah sekarang dah nak selesai belaja ni (semoga cepat ya Allah..aminnn)

memang kate ayah saye, saye ni memang susah nak berubah terutama bahase. dah hampir 4 tahun di tanah sunda ni sikit tak dapat cakap sunda (maybe tak berusehe kot 🙂

sebabtu lah klau becakap dengan orang saye masih tetinggal lah logat2 melayu nye.. tapi yang lucu nya ayah saye orang “batak” tapi anak nye tak pandai sikit pun bahase batak.. klu ayah tanye suku ape kan mesti kitorang jawab “kami orang melayu yah” hihi

kalau nak tahu negeri saye cube search kat google “siak kota istana” mestilah kelua info tentang kampung halaman saya.

nah kali ni saye nah share tentang Siak je dlu, maybe kalau ade waktu kan saye akan bahas tentang bahase melayu, baju melayu, adat menikah melayu sampaiii lah kesenian melayu.

ni saye share gamba2 siak dan istana siak je dlu.

kalau suke #JomLahBekunjungKesiak #ExploreSiak #SiakTheTrulyMalay

 

https://www.google.co.id/search?q=siak+kota+istana&biw=1360&bih=662&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwiWxPzf3ZjRAhXJt48KHVDKATYQ_AUIBygC#imgrc=GsusEDOiP4y79M%3A

 

nilah tampak depan dan dalam istana siak. foto koleksi saye resolusi nya kurang bagus so saye gooling je.. hihi

Enjoy!

 

L.O.V.E by me

kalau bercerita tentang yang nama “CINTA” pasti gak ada habisnya..

cinta itu banyak persepsi dan ungkapan.. selain itu cinta setiap orang2 juga berbeda..

begitu juga AKU.. merasakan Cinta itu Bagiku,

ketika,,

— org2 yang selalu ada untuk ku.. aku biasa dengan nya, aku biasa ada dia dan banyak lagi

— mereka yang selalu membantu aku, org2yang tidak pernah meninggalkan aku walaupun saat aku terpuruk dan terjatuh

— hal2 yang membuat aku merasa lupa dengan hal2 yang selalu membuat pikiran ku ruwet seperti benang kusut

— juga berbagi apa yang kita miliki, baik itu ilmu dan juga kebahagiaan

namun yang paling penting itu ternyata,

aku baru menyadari,

CINTA itu adalah disaat kita mencinta Siapa Yang Menciptakan itu semua

kepada Dia yang tak henti2 memberi mu nafas hingga detik ini

kepada Dia yang telah mengirimkan mu orang2 yang selalu membersamaimu

kepada Dia yang tahu apa yang terbaik buatmu

kepada Dia yang memberikan apa yang kamu butuhkan

kepada Dia yang selalu menjaga org2 yang menyayangimu

kepada Dia, Dia YANG harus nya kau Labuhkan CINTA mu

karena, Dialah yang sebenarnya CINTA, kepada Makhluk-Nya

SMH,,

Bogor siang abis zuhur (15/12/16) 12.21

 

 

 

Rencana Allah lebih Baik

Assalamualaikum.. setelah sekian lama gak pernah buka ni blog, pagi ini tetiba gak sengaja kebuka (PW juga hampir lupa :)) alhamdulillah.. lagi lagi alhamdulillah..

memang kalau kita terlalu yakin dengan diri sendiri itu membuat kita terlalu lupa bahwa sebenarnya kita cuma sebagai pemain sedangkan sutradara yang paling tahu adalah Allah..

Allah yang tahu apa yang terbaik untuk kita.. selama ini terlalu sombong dan lengah hingga lupa satu hal, ya ini..

dipenghujung tahun 2016,

banyak hal yang terjadi, senang, sedih, terpuruk, dll.. sampai gak bisa dibilang satu2.. (saking banyak ny yg gw rasain :))

senang, punya lingkungan dan teman yang selalu support, teman teman berbagi, teman baik, teman berantem (kali juga ya)

sedih, satu2 yang udah direncanai, abis ini mau ngapain, mau pulang kampung, mau kenikahan sepupu, mau cepat pulang kampung, mau nyari kerja , mau nyari kesibukan, kegiatan, (sekalian nyari jodoh kali ya:))

terpuruk, saat yang ngerasain itu cuma sendiri, gak ada yang org bisa mengerti rasanya, dan yang pati gak ada yang bsa menggantikan posisi nya, rasanya saat itu mau terbg aja kyak burung, kalu gak bisa pengen punya kantong ajaib yang doraemon supaya langsung hilang, (tuhkan banyak khayalan nya, tapi bener2 lho klu bisa pengen rasanya kayak gitu) lucu siy kedengaran nya tapiiiii seperti itulah rasanya

satu2 nya yang buat bangkit lagi adalah tobat.. tobat dgn apa yg udh di buat disebelumnya… bnyak istighfar, jgn sombong, jgn malas, jgn mudah teralihkan dgn hal2 yang sia-sia, Allah ada bnyk cara menegur hambanya, punya banyak cerita membuat kmu makin menghargai setiap hidup dan kesempatan yg ada..

Klu diibaratkan gw cuma setitik cahaya gelap, Tanpa Allah, gak ngerti ke arah mana mau melangkah

sekarang lebih menerima inshaAllah, masih menunggu drama berikutnya, sambil bersiap2 untuk rencana selanjutnya yang Allah rencana kan,

SMH

08/12/2016 (7.03)img20161127095238

 

 

“Mensyukuri Jutaan Nikmat di Lautan”

[Studium General Al Iffah Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan]

” Mensyukuri Jutaan Nikmat di Lautan”

Berdasarkan Q.S An Nahl : 14
“Dan dialah yang menundukkan lautan (untukmu), agar kamu dapat memakan daging yang segar (ikan) darinya, dan (dari lautan itu) kamu mengeluarkan perhiasan yang kamu pakai. kmau (juga) melihat perahu berlayar padanya, dan agar kamu mencari sebagian karunia-Nya, dan agar kamu bersyukur “.

Di lautan sendiri banyak sekali hal yang harus kita syukuri. Semua potensi perikanan yang dapat kita nikmati semua datang nya dari Allah Swt. Di lautan dapat kita jumpai beragam makanan, ikan yang segar, perhiasan yang sangat mengagumkan, pemandangan yang begitu indah dan banyak lain lagi dari manakah itu datng nya? siapakah yang meng “create’ sedemikian luar biasanya tersebut? adakah itu hanya “given” ?

Sadarilah bahwa itu adalah sunatullah, ketentuan ALLAH, kebesaran dan kemaha luar biasa Allah menciptakan segala sesuatu yang terdapat di muka bumi ini dengan tanpa salah sedikitpun.

namun adakah kita sebagai manusia bersyukur atas semua karunia yang Allah berikan?

Lihatlah betapa banyak terjadinya over fishing, pencemaran lingkungan perairan, eksplotasi dan masih banyak lagi. Adakah itu merupakan bentuk rasa syukur kita?

” Telah tampak kerusakan di darat dan di laut di sebabkan karena perbuatan tangan manusia; Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbautan mereka, agar mereka kembali (kejalan yang benar) (Q.S Ar-Ruum:41)

Allah lah yang menundukkan lautan, Allah yang berkuasa atas segala nya, lantas masih pantaskan kita sebagai manusia masih sombong?

Pada saat musim kemarau yang melanda kita saat kemarin, betapa banyak usaha yang kita lakukan water bombing, hujan buatan dan masih banyak lagi namun dalam sekejap pada saat semua manusia tunduk dan bersujud untuk sholat istisqo hanya dalam hitungan detik seketika hujan turun dengan kencangnya. Adakah manusia yang melakukan semua itu? Pastinya bukan manusia, tapi ALLAH yang berkehendak atas semua hal tersebut.

“Tidakkah engkau memperhatikan bahwa sesungguhnya kapal itu belayar di laut dengan nikmat ALLAH, agar di perlihatkan-Nya kepadamu sebagian dari tanda-tanda (kebesaran)-Nya. Sungguh, pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran)-Nya bagi setiap orang yang sangat sabar dan banyak bersyukur (Q.S Luqman :31)

“Allah-lah yang menundukkan laut untukmu agar kapal-kapal dapat berlayar di atasnya dengan perintah-Nya, dan agar kamu dapat mencari sebagian karunia-Nya dan agar kamu bersyukur (Q.S Al-Jasiyah : 12)

lagi-lagi yang ALLAH minta kepada kita bersyukur. Bersyukur lah dan tundukkan dirimu kepada-Nya karena hanya itu yang mampu kita perbuat. Jangan merasa diri paling mampu dan jangan sombong.

“Apa saja di antara rahmat ALLAH yang di anugrahkan kepada manusia, maka tidak ada yang dapat menahannya; dan apa saja yang ditahan-Nya maka tidak ada yang sanggup untuk melepaskan setelah itu. Dan Dialah yang MahaPerkasa, MahaBijaksana (Q.S Fatir : 2)

2/3 dari bumi ini adalah lautan
apakah rencana ALLAH terhapap hal tersebut?
Banyak lah merenungi apa yang di bumi ini, lautan memiliki peran penting terhadap kehidupan ini. semua tersebut adalah sunatullah, karunia dari ALLAH. ALLAH yang mengatur sedemikian apiknya. selain ALLAH, tidak akan ada yang mampu mengendalikan bumi ini. Hanya ALLAH yang mampu.

Apakah hikmah yang dapat kita ambil dari kelautan ini?
tak lain banyak-banyak bersyukur kepada ALLAH. Tunduk dan patuhlah terhadap perintah Allah. Jangan sombong terhadap akal kita yang mungkin sangat pandai. Pergunakan semua karunia yang ALLAH berikan dengan bijak. Marilah kita memadukan antara fakultas fikir dan fakultas zikir supaya semakin memantapkan keimanan kita kepada ALLAH.

Akal adalah karunia dari ALLAH namun akal harus tunduk terhadap ketentuan ALLAH (Ust. Ahmad)

Wallahu’alam bishowab..

‪#‎StudiumGeneralAlIffahFPIK‬
‪#‎17Januari2016‬
‪#‎AlIffah1437H‬
‪#‎AlIffahPeduli‬

Writen by
SMH

warna-warni-nan-cantikk

together to be…?

banyak hal yang di pelajari ketika hidup “rame2″ itu..ada rasa enak an rasa gak enak (kayak makanan aja). ketika hidup bersama di ruangan yang sempit harus di isi oleh bebebeberapa” orang beragam tipe dan watak. namun hal yang tak di sangka ternayta terjadi pada diriku, hal yang tidak biasa itu menjadi hal yang aku suka dan menyenangkan. kmu tahu cantik? suatu hal gak biasa aku lakukan seperti memahami perasaan orang lain, tenggang rasa, bersih-bersih mengatur diri sendiri sekarang secara ajaib ada pada diriku. walaupun masih harus banyak hal lagi yang harus di perbaiki lagi tapi setiaknya rasa itu suda tercetus dalam sikap ku sekarang. alhamdulillah

keluar dari ruangan sempititu aku kembali masuk ke kelompok orang yang ramai lagi. ntah kenapa aku jadi suka “rame2”.  bertemu dengan yang pendiam, gak mau keluar kamar, cerewet, penyayang, perhatian, cuek and many more.

satu hal yang pasti hidup dengan beragam orang watak ramai setiap detiknya dalah pelajaran yang pasti tiak akan kamu dapat kan jika kamu sendiri. pelajari banyak hal, syukuri beragam hal dan lakukan hal terbaik untuk saling bersaing dalam setiap kebaikan.

and last “i want to say “together to be……” rameeee” 🙂

love my second home, baiti jannati “Al Iffah”

Sahabat Itu??

apa yang kamu pikirkan jika terdengar kata “sahabat”

sahabat menurut ku dia yang menegur mu saat mu salah..

dia yang tahu kapan harus tegas kepada mu..

ddia yang tahu kapan waktunya harus ada untukmu..

dia yang semakin mendekat kan mu dengan Rabb Mu..

ya Allah kumpulkan lah aku dengan orang-orang yang sholeh dan seholahah..amiinn

Edisi Kabupaten Siak : #SejarahKabSiak #HariJadiSiak16 #Tahniah

nah.. edisi kali ini saye nak memperkenal kan kota kelahiran saye.. walaupun masih terbilang  baru mekar menjadi sebuah kabupaten, Kabupaten siak dengan cepat berkembang mulai dari sektor ekonomi, pemerintahan, pariwisata dan lain-lain. bangga nya terlahir sebagai gadis melayu (walaupun campur batak sedikit :),  tapi tetap dimana langit di pijak di situ langit di junjung. Siak sebagai negeri melayu bersendikan syara’ yang sangat menjunjung nilai keislaman yang sekali lagi #TakkanMelayuHilangDiBumi

Siak Sri Indarapura didirikan pada tahun 1723 M oleh Raja Kecik yang bergelar Sultan Abdul Jalil Rahmat Syah putra Raja Johor (Sultan Mahud Syah) dengan istri Encik Pong, dengan pusat kerajaan berada di Buatan. Konon nama Siak berasal dari nama sejenis tumbuh-tumbuhan yaitu siak-siak yang banyak terdapat di situ. Sebelum kerajaan Siak berdiri, daerah Siak berada dibawah kekusaaan Johor. Yang memerintah dan mengawasi daerah ini adalah raja yang ditunjuk dan diangkat oleh Sultan Johor. Namun hampir 100 tahun daerah ini tidak ada yang memerintah. Daerah ini diawasi oleh Syahbandar yang ditunjuk untuk memungut cukai hasil hutan dan hasil laut. Pada awal tahun 1699 Sultan Kerajaan Johor bergelar Sultan Mahmud Syah II mangkat dibunuh Magat Sri Rama, istrri yang bernama Encik Pong pada waktu itu sedang hamil dilarikan ke Singapura, terus ke jambi. Dalam perjalanan itu lahirlah Raja Kecik dan kemudian dibesarkan di Kerajaan Pagaruyung Minagkabau. Sementara itu pucuk pimpinan kerajaan Johor diduduki oleh Datuk Bendahara tun Habib yang bergelar Sultan Abdul Jalil Riayat Syah. Setelah Raja Kecik dewasa, pada tahun 1717 Raja Kecik berhasil merebut tahta Johor. Tetapi tahun 1722 Kerajaan Johor tersebut direbut kembali oleh Tengku Sulaiman ipar Raja Kecik yang merupakan putra Sultan Abdul Jalil Riayat 20 Syah. Dalam merebut Kerajaan Johor ini, Tengku Sulaiman dibantu oleh beberapa bangsawan Bugis. Terjadilah perang saudara yang mengakibatkan krugian yang cukup besar pada kedua belah pihak, maka akhirnya masing- masing pihak mengundurkan diri. Pihak Johor mengundurkan diri ke Pahang, dan Raja Kecik mengundurkan diri ke Bintan dan seterusnya mendirikan negeri baru di pinggir Sungai Buatan (anak Sungai Siak). Demikian lah awal berdirinya kerajaan Siak di Buatan. Namun, pusat Kerajaan Siak tidak menetap di Buatan. Pusat Kerajaan kemudian selalu berpindah-pindah dari kota Buatan pindah ke Mempura, pindah kemudian ke Senapelan Pekanbaru dan kembali lagi ke Mempura. Semasa pemerintahan Sultan Ismail dengan Sultan Assyidis Syarif Ismail Jalil Jalaluddin (1827-1864) pusat Kerajaan pindah ke kota Siak Sri Indrapura dan akhirnya menetap disana sampai akhirnya masa pemerintahan Sultan Siak terakhir. Pada masa Sultan ke-11 yaitu Sultan Assayaidis syarief Hasyim Abul Jalil Syaifuddin yang memeritah pada tahun 1889-1908. Dibangunlah istana yang megah terletak di kota Siak dan istana ini diberinama Istana Asseraiyah Hasyimiah yang dibangun pada tahun 1889. Pada masa pemerintahan Sultan Syarif Hasyim ini siak mengalami kemajuan terutama dibidang ekonomi. Dan masa itu pula beliau berkesempatan melewat ke Eropa yaitu Jerman dan Belanda. Setelah wafat, beliau digantikan oleh putranya yang masih kecil dan sedang bersekolah di betavia yaitu Tengku Sulung Syarif Kasim dan baru pada tahun 1915 beliau ditabalkan sebagai Sultan Siak ke-12 21 dengan gelar Assayaidis Syarif Kasim Abdul Jalil Syaifuddin dan terakhir terkenal dengan nama Sultan Syarif Kasim Tsani (Sultan Syarif Kasim II). Bersamaan dengan proklamirkannya Kemerdekaan Republik Indonesia, beliau pun mengibarkan bendera merah putih di istana Siak dan tak lama kemudian beliau berangkat ke Jawa menemui Bung Karno dan menyatakan bergabung dengan Republik Indonesia sambil menyerahkan Mahkota Kerajaan serta uang sebesar Sepuluh Ribu Gulden. Dan sejak itu beliau meninggalkan Siak dan bermungkiman di Jakarta. Baru pada tahun 1960 kembali ke Siak dan mangkat di Rumbai pada tahun 1968. Beliau tidak meninggalkan keturunan baik dari Permaisuri Pertama Tengku Agung maupun dari Permaisuri Kedua Tengku Maharatu. Pada tahun 1997 Sultan Syari Kasim II mendapat gelar Kehormatan Kepahlawanan sebagai seorang Pahlawan Nasional Republik Indonesia. Makam Sultan Syarif Kasim II terletak ditegah kota Siak Sri Indrapura tepatnya disamping Masjid Sultan yaitu Masjid Syahabuddin. Diawal Pemerintahan Republik Indonesia, Kabupaten Siak ini merupakan Wilayah Kewedanan Siak di bawah Kabupaten Bengkalis yang kemudian berubah setatus menjadi kecamatan Siak. Barulah pada tahun 1999 berubah menjadi Kabupaten Siak dengan Ibukotanya Siak Sri Indrapura berdasarkan UU No. 52 tahun 1999.

sekian dahulu tentang sejarah siak, masih banyak cerite so pantengin terus my blog yaa..:)

#MelawanAsap #Riau

kamu tahu cantik?

memang sudah dahulu dan sejak lama kejadian ini

seakan sudah terbiasa saja dengan #asap ini

ingin marah sama siapa? ingin mengadu sama siapa?

sampai sekarang masih bingung dengan orang dengan murah hati membakar hutan tersebut  (memang siy bisa juga dari cauaca yang panas dan kebanyakan tanah gambut)

tapi tetp saja ulah manusia yang paling mendominasi apa mereka tidak berfikir utuk kedepan nya bahgaiman kalau yang terkena efek degeneratif itu keluarga mereka sendiri, orang tua mereka mungkin atau bahakan anak mereka sendiri mungkin

mungkin juga dari pribadi kita sendiri? terkadang kurang bersyukur jika hujan datang malah mengeluh padahal saat hujan itu turun saat itulah rahmat Allah turun dan perbanyaklah berdoa dan pasti akan Allah kabulkan, astaghfirullah

tahu apa yang harus di perbuat untuk hamba-Nya #MelawanASAP #TakkanMelayuHilangdiBumi

1444256516522